PENGENLAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU

Nama                 : Ahmad Fajar Awalushihab 

Kelas/Semester : PGMI 5/Semester 5     

NIM                   : 0306203061

 

 PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU

(Sequenced, Fragmanted, Integrated)

1. Sequenced

     Model pembelajaran terpadu yang menekankan pada urutan karena adanya persamaan - persamaan konsep, walaupun mata pelajarannya berbeda. Contohnya; 

IPA : 

a. Reproduksi 

b. Masa pubertas 

c. Perubahan bentuk tubuh 

PJOK : 

a. Senam 

b. Gerakan senam

c. Perubahan kelenturan bentuk tubuh 

Jadi dapat di simpulkan bahwa diantara materi pada mata pelajaran IPA dan PJOK ini dia sama maksudnya tujuan pembelajaran dan manfaatnya itu sama.

2. Fragmanted 

    Model fragmented ini yaitu semua mata pelajaran nya terpisah/ dikotomi. atau memisahkan antara mata pelajaran satu dengan mata pelajaran lainya. 

3. Integrated 

    Yaitu model pembelajaran yang dimana materinya bisa sekaligus untuk diajarkan atau bisa dikatakan dengan tumpang tindih. Pada metode ini kita bisa memberika penjelasan yang sama dengan materi yang sama tetapi mata pelajaran yang sama, jadi metode ini bisa menjadi timpang tindih antar mata pelajaran.         Contoh nya saja kita ambil dari 2 mata pelajaran yaitu pada mata pelajaran IPS kita ambil subtema jenis uang , pada mata pelajaran Matematika kita mabil subtema nilai uang, nah dari kedua subtema itu kita dapat secara langsung mengajarkan 2 mata pelajaran karena subtema kedua mata pelajaran itu sama yaitu membahas tentang uang. 

Langkah-langkah menyusun RPP dalam metode Integrated: 

1. Memiliki materi yang saling berkaitan dari mata pelajaran yang berbeda 

2. Memilih tujuan pembelajaran dari masing-masing topik 2 mata pelajaran yang berbeda 

3. Disatukan tujuan pembelajaran

4. Pemetaan KD

5. Indikator

6. Memilih metode pembelajaran yang tepat 

7. Media 

8. Penilaian.