Indikator Pembelajaran

 

Syarat Dasar Membuat Indikator

A    B    C    D 

A = Audience (Siswa)

B = Behavior (Kata Kerja atau yang akan dilakukan)

C = Condition (Kondisi)

D = Degree (Persetujuan)

Contoh: 

KD Matematika

3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan balok Dienes (kubus satuan)

Simbol angka KD

Indikatornya 

3.1.1. Siswa menyebutkan bil. asli sampai 500 dengan mengggunakan balok Dienes didepan 

            A                B                                                Materi

kelas dengan benar. 

    D            E

Indikator = 3.1.1.

K.I = 3, KD = 1

Kognitif = C-C6

Afektif = A-A5

Psikomotorik = P-P5

Kompetensi Inti = 1. Sikap Spiritual (Afektif)

                                2. Sikap Sossial (Afektif)

                                3. Pengetahuan (Kognitif)

                                4. Keterampilan (Psikomotorik)


Tujuan Pembelajaran 

Proses + A  +  C  + D

    B

NB: Tidak boleh 2 kata dalam satu kalimat



Indikator

3.1.1 (siswa (A)) (menyebutkan (B)) bilangan asli samapai 500 dengan (menggunakan balok dienes didepan kelas (materi)) (dengan benar(D).
 
 
Pemetaan KI, KD dan Indikator


NO

MATA PELAJARAN

INTI

DASAR

INDIKATOR

1

Bahasa Indonesia

3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah-sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

 

4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata daerah untuk membantu penyajian.

4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

3.3.1. Menentukan karakter setiap individu di rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.

 

 

 

 

 

4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

2

Matematika

3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah-sekolah.

 

 

 

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.

3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.

3

PPKN

3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah-sekolah.

 

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

3.3.1. Menyebutkan keberaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3.1. Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.


RIVIEW BOOK PLC232 TEMATIK 


A. IDENTITAS RIVIEWER

Nama : Ahmad Fajar Awalushihab

Nim : 0306203061

Kelas : PGMI 5 / Semester V

Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

 

B. IDENTITAS BUKU :


Judul : Pengenalan Tematik

Penulis : Rora Rizki Wandini M.Pd.I , Emiliya SukmaDara Damanik M. Hum.

Penerbit : CV Pustaka Learning Center

Kota Terbit : Malang

ISBN : 978-632-6404-01-0

Tahun Terbit : Juni, 2021


RINGKASAN BUKU : 

Pada buku ini membahas tentang standar kompetensi lulusan, kompetensi dasar, kompetensi inti, dan indikator pencapaian.


A. Standar kompetensi lulusan 

Merupakan salah satu dari 8 standar nasional pendidikan sebagaimana yang ditetapkan dalam pasal 35 ayat 1UU no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan ,dan keterampilan. 



B. Kompetensi Inti

Merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompentensi lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas. Adapun rumusan kompetensi inti menggunakannotasi sebagai berikut :

1. Kompetensi inti -1 (KI-1) sikap spirutual

2. Kompetensi inti -2 (KI-2) sikap sosial

3. Kompetensi inti -3 (KI-3) penegetahuan

4. Kompetensi inti -4 (KI-4) keterampilan



C. Kompetensi Dasar

Dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti , rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatian karakteristik peserta diidk, kemmampuan awal, serta ciri pada suatu mata pelajaran. Kompetensi dasar dibagi menjadi 4 kelompok sesuai dengan pengelompokan kompetensi ini sebagai berikut:

· Kelompok 1 : kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarakan KI-1.

· Kelompok 2 : kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam rangka menjbaarkan KI-2.

· Kelompok 3 : kelompok kompetensi dasar pengertahuan dalam rangka menjabarkan KI-3.

· Kelompok 4 : kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkakn KI-4.


Indikator Pencapain Kompetensi (IPK)
Yaitu penanda pencapaian kade yang di tandai oleh perubahan tingkah laku yang dapat di ukur yang mencakup sikap pengetahuan dan keterampilan. Dalam mengembangkan IPK, perlu mempertimbangkan :

1. Tuntutan kompetensi yang dapat dilihat melalui kata kerja yang digunakan dalam kompetnsi dasar (KD)

2. Karakteristik mata pelajaran, siswa dan sekolah.

3. Potensi an kebutuhan siswa, masyarakat, dan lingkungan daerah.

Fungsi indikator pencapaian kompetensi (IPK) :

1. Pedoman dalam menge,bangkan materi pembelajaran.

2. Pedoman dalam mendesain kegiatanpembelajaran

3. Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar

4. Pedoman dalam meracang dan melaksanakan peneliti hasil belajar.

Dalam merumuskan indikator, yang harus diperhatikan adalah

1. Setiap KD minimal terdiri atas dua indikator.

2. Menggunakan kata kerja oprasional yang sesuai

3. Indikator harus dapat diukur/ diamati.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BUKU


Kelebihan Isi Buku

- Tampilan isi buku tersebut menarik sehingga pembaca senang membacanya.

- Identitas buku jelas.

- Dapat memotivasi siswa untuk belajar dan membaca.

- Kalau dilihat dari aspek bahasa buku tersebut, memiliki bahasa yang lugas dan dapat memberikan sensasi bagi pembaca.


Kekurangan isi Buku

- Kalau dilihat tidak adanya pembatas atau pendahuluan pada awal cerita pada materi-materi yang akan disamapaikan sehingga pembaca menjadi bingung untuk melihat materi apa yang dibahas.


KESIMPULAN

Kesimpulan dari critical Book Riview ini bahwa pembelajaran dengan menggunakan pemaparan menggunakan komik membuat para pembaca itu lebih semangat untuk belajar dan dengan ada nya pemaparan materi dengan media komik membuat motivasi belajar itu semakin meningkat.


SARAN

Penulis Critical Book Riview ini masih ada beberapa kesalahan,maka diperlukan untuk para pembaca mengkritik Critical Book Riview agar menjadi lebih baik ke depannya..


REFERENSI

Wandini, R. R., & Damanik, E. S. D. (2021). Pembelajaran Tematik.