Indikator Pembelajaran
Syarat Dasar Membuat Indikator
A B C D
A = Audience (Siswa)
B = Behavior (Kata Kerja atau yang akan dilakukan)
C = Condition (Kondisi)
D = Degree (Persetujuan)
Contoh:
KD Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan balok Dienes (kubus satuan)
Simbol angka KD
Indikatornya
3.1.1. Siswa menyebutkan bil. asli sampai 500 dengan mengggunakan balok Dienes didepan
A B Materi
kelas dengan benar.
D E
Indikator = 3.1.1.
K.I = 3, KD = 1
Kognitif = C-C6
Afektif = A-A5
Psikomotorik = P-P5
Kompetensi Inti = 1. Sikap Spiritual (Afektif)
2. Sikap Sossial (Afektif)
3. Pengetahuan (Kognitif)
4. Keterampilan (Psikomotorik)
Tujuan Pembelajaran
Proses + A + C + D
B
NB: Tidak boleh 2 kata dalam satu kalimat
NO |
MATA PELAJARAN |
INTI |
DASAR |
INDIKATOR |
1 |
Bahasa Indonesia |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah-sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman. 3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata daerah untuk membantu penyajian. 4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. |
3.3.1. Menentukan karakter setiap individu di rumah
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. |
2 |
Matematika |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah-sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan)
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100. |
3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100. |
3 |
PPKN |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah-sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah. |
3.3.1. Menyebutkan keberaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1. Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin. |